a a a a a a a a a a a a a a a a
Taman Raudha (Taman Surga) | ARTIKEL | ELHALAL Tour
HALAL TOUR SPECIALIST TERPERCAYA sejak 2008
+6281352278889+6281352278889elhalaltour@gmail.com
Taman Raudha (Taman Surga)

Taman Raudha (Taman Surga)

Taman Raudha (Taman Surga)

Dahulu Raudhah terletak di luar halaman Masjid Nabawi, yaitu di antara rumah Rasulullah SAW dan mighrab atau mimbar di Masjid Nabawi. Kini setelah Masjid Nabawi diperluas, lokasi Raudhah terletak di dalam masjid, dengan ukurannya yang hanya 22 x 15 meter. Lokasi itulah yang menjadi taman surga yang tak pernah sepi oleh jamaah haji dan umroh. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Tempat yang di antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) di antara taman-taman surga.” (HR. Bukhari)

Kawasan Raudhah ditandai dengan karpet berwarna hijau muda yang sangat berbeda dengan warna karpet di ruangan lain di dalam masjid Nabawi. Sebab ruangan lain di dalam masjid Nabawi didominasi dengan karpet yang berwarna merah. Kawasan Raudhah juga memiliki 5 pilar atau tiang yang berwarna putih dengan atap yang berhiaskan ornamen kaligrafi klasik.

Raudhah adalah tempat yang sangat mulia dimana dahulu Rasulullah SAW melakukan ibadah, memimpin salat, menerima wahyu dan juga menjadi tempat ibadah bagi para sahabat. Lokasi Raudhah sebenarnya merupakan tempat shaf bagi para laki-laki dan hanya terbuka bagi kaum perempuan pada jam-jam tertentu. Yaitu pada saat waktu dhuha, waktu dhuhur, dan waktu isya. Dengan ukuran 22 x 15 meter, Raudhah pun hanya cukup untuk menampung beberapa puluh jamaah.

Meskipun begitu, Raudhah selalu menjadi salah satu tempat yang diperebutkan oleh ribuan jamaah haji dan umroh. Lalu mengapa ribuan jamaah tersebut berebut untuk memasuki Raudhah? Rupanya, Raudhah yang bersebelahan dengan makam Rasulullah SAW di dalam kompleks Masjid Nabawi merupakan tempat yang sangat mustajab untuk berdoa. Dengan berdoa di Raudhah, maka doa pun niscaya akan dikabulkan oleh Allah.

Oleh sebab itulah Raudhah selalu diperebutkan oleh ribuan jamaah yang rela mengantri untuk melakukan ibadah di Raudhah. Tak hanya itu, beribadah di Raudhah juga memiliki pahala yang sangat besar. Siapa saja yang salat di sana seakan-akan ia telah duduk di taman dari taman-taman surga dan pahalanya pun berlimpah. Sebagaimana melakukan salat di masjid Nabawi yang pahalanya dilipatgandakan 1000 kali dari shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.

Untuk memasuki kawasan Raudhah, para jamaah harus bersabar mengantri dengan para jamaah lainnya. Selain itu, datanglah ke masjid pada awal pintu masjid dibuka agar memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan salat, zikir dan membaca Alquran di kawasan tersebut. Kawasan Raudhah akan benar-benar terasa seperti taman surga saat para jamaah melantunkan takbir, tahmid, tahlil, shalawat kepada Rasulullah SAW dan doa lirih yang dipanjatkan.

Merupakan Makam dari Rasullulah dan Sahabat Rasul.

Ketika nabi Muhamad saw. Meninggal, beliau dikuburkan didalam kamarnya sendiri, yakni kamar yang menjadi tempat tinggal Nabi saw. Dengan istrinya, Siti Aisyah. Kemudian, ketika Abu Bakar mendekati ajal, beliau minta izin kepada Siti Aisyah agar dapat dikuburkan di samping Sahabat yang paling dicintainya, dan Aisyah mengizinkannya. Seperti diketahui bahwa Abu Bakar adalah ayah Siti Aisyah.
Kemudian ketika Umar bin Khatab mendekati ajal, beliau juga minta ijin pada Siti Aisyah untuk dikuburkan di samping kedua sahabatnya, padahal Siti Aisyah sudah berencana untuk dikuburkan di samping suami dan ayah yang sangat dicintainya itu. Akan tetapi, karena rasa hormatnya kepada Umar bin Khatab, maka Siti Aisyah juga mengizinkannya.
Posisi kuburan tiga manusia yang sangat dimuliakan oleh umat muslim itu seperti posisi salah antara imam dan makmum, artinya Abu Bakar menjadi makmumnya Nabi saw., kemudian Umar bin Khatab menjadi Makmumnya Abu Bakar. Pada awalnya, makam berlokasi di luar Masjid Nabawi, tetapi setelah adanya perluasan dan perbaikan masjid, makam Nabi Muhammad saw. Dan kedua sahabatnya itu dimasukkan ke dalam masjid.
Jika kita mengunjungi Masjid Nabawi saat ini, di belakang mimbar ada jalan untuk memberi kesempatan peziarah mengunjungi makam Rasulullah, namun tidak dibolehkan salat di area ini karena di depan Imam. Posisi kuburan ditandai dengan kubah hijau diatasnya. Kubah hijau yang dikenal dengan nama Kubah Khudra dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud, dan kini menjadi ciri khas atau identitas Masjid Nabawi.
ARTIKEL Taman Raudha (Taman Surga)

ARTIKEL

ARTIKEL
Taman Raudha Taman SurgaTaman Raudha (Taman Surga)
Raudhah adalah tempat yang sangat mulia dimana dahulu Rasulullah SAW melakukan ibadah, memimpin salat, menerima wahyu dan juga menjadi tempat ibadah bagi para sahabat.
Masjid Abu Bakar ShiddiqMasjid Abu Bakar Shiddiq
Masjid ini merupakan salah satu tempat yang pernah digunakan untul shalat Id oleh Rasulullah dan Abu Bakar Shiddiq, kemudian nama masjid ini pun dinisbahkan kepadanya.
Jabal Rumat Jabal AinainJabal Rumat (Jabal Ainain)
Sebuah bukit merah yang terletak di sebelah selatan makam Syuhada, di samping Wadi Qonat.
Contact Information
Facebook
Instagram
Tiktok
Youtube
Jam Operasional :
Senin - Jumat : 10.00 - 17.00
Sabtu : 10.00 - 13.00
Minggu & Hari Libur : Tutup
KANTOR KAMI
Jl. Sumagung I No.2A Kelapa Gading
Jakarta Utara 14240
elhalaltour@gmail.com+6281352278889+6281352278889
© Copyright 2008-2023 - ELHALAL TOUR All Rights Reserved.
Powered by ELHALAL MITRA AMANAH
,
Whatsapp