a a a a a a a a a a a a a a a a
Masjid Abu Bakar Shiddiq | ARTIKEL | ELHALAL Tour
HALAL TOUR SPECIALIST TERPERCAYA sejak 2008
+6281352278889+6281352278889elhalaltour@gmail.com
Masjid Abu Bakar Shiddiq

Masjid Abu Bakar Shiddiq


Masjid Abu Bakar Shiddiq berada di sebuah jalan lebar di barat daya Masjid Nabawi, dekat dengan Masjid Al-Ghamamah.
Masjid ini merupakan salah satu tempat yang pernah digunakan untul shalat Id oleh Rasulullah dan Abu Bakar Shiddiq, kemudian nama masjid ini pun dinisbahkan kepadanya. Masjid Abu Bakar Shiddiq dibangun pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Lalu direnovasi oleh Sultan Abddul Majid, lalu direnovasi lagi pada masa pemerintahan Sultan Mahmud II pada tahun 1838 M.
Masjid Abu Bakar Shiddiq berbentuk segi empat. Panjang rusuknya Sembilan meter. Dibangun dengan batu basal. Bagian dalam di cat dengan warna putih. Jalan masuknya berada di dinding selatan. Di sebelah kanan dan kiri jalan, masuk terdapat dua jendela persegi Panjang. Jalan masuk langsung mengantarkan jamaah menuju ruang salat. Ruang salatnya beratapkan kubah, yang dari dalam tingginya mencapai 12 meter. Di bagian atas leher kubah terdapat delapan jedela kecil untuk penerangan.
Mihrabnya terletak di tengah dinding masjid sebelah selatan dengan tinggi ± 2 meter. Luas cekungan (celah) mihrab sekitar 80 cm. Menara azannya berada di sudut timur laut. Bagian fondasinya memiliki area persegi empat. Terdapat tiang silinder di tengahnya dan berakhir dengan muqamas penyangga balkon. Di atas tiang silinder itu dilapisi logam berbentuk kerucut dengan bagian paling atas berbentuk bulan sabit.
Di arah timur Masjid Abu Bakar terdapat teras persegi Panjang dengan Panjang dari utara ke barat mencapai 13 meter dan lebar enam meter. Pintu dari arah utara menghampar ke halaman Masjid Al-Ghamamah. Dinding sebelah timur dilapisi batu hitam. Kubah menaranya di cat dengan warna putih, sehingga dua warna terpadu dengan serasi dan indah.
ARTIKEL Masjid Abu Bakar Shiddiq

ARTIKEL

ARTIKEL
Taman Raudha Taman SurgaTaman Raudha (Taman Surga)
Raudhah adalah tempat yang sangat mulia dimana dahulu Rasulullah SAW melakukan ibadah, memimpin salat, menerima wahyu dan juga menjadi tempat ibadah bagi para sahabat.
Masjid Abu Bakar ShiddiqMasjid Abu Bakar Shiddiq
Masjid ini merupakan salah satu tempat yang pernah digunakan untul shalat Id oleh Rasulullah dan Abu Bakar Shiddiq, kemudian nama masjid ini pun dinisbahkan kepadanya.
Jabal Rumat Jabal AinainJabal Rumat (Jabal Ainain)
Sebuah bukit merah yang terletak di sebelah selatan makam Syuhada, di samping Wadi Qonat.
Contact Information
Facebook
Instagram
Tiktok
Youtube
Jam Operasional :
Senin - Jumat : 10.00 - 17.00
Sabtu : 10.00 - 13.00
Minggu & Hari Libur : Tutup
KANTOR KAMI
Jl. Sumagung I No.2A Kelapa Gading
Jakarta Utara 14240
elhalaltour@gmail.com+6281352278889+6281352278889
© Copyright 2008-2023 - ELHALAL TOUR All Rights Reserved.
Powered by ELHALAL MITRA AMANAH
,
Whatsapp